TERASJABAR.ID – Pelayanan di Samsat Samsat Rancaekek di Jalan K.H Ahmad Sadili Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, agak berbeda dengan biasanya.
Hal ini menyusul diberlakukannya program “Polantas Menyapa”, sebagai agenda harian, masyarakat wajib pajak (WP) yang datang tak hanya mendapatkan pelayanan administrasi kendaraan bermotor, namun juga disambut sambutan hangat, ramah dan edukasi dari petugas Samsat.
Program “Polantas Menyapa” ini merupakan komitmen Satlantas Polresta Bandung, khususnya Samsat Rancaekek untuk menghadirkan pelayanan cepat, transparan,dan humanis.
Berdasarkan pantauan di Samsat Rancaekek, Senin (13/10/2025), petugas kini aktif menyapa masyarakat di area pelayanan STNK, memberikan informasi, serta membantu menjelaskan prosedur administrasi secara langsung.
Baur STNK Samsat Rancaekek, Bripka Iman T, S.H mengatakan, pelaksanaan program “Polantas Menyapa” dilakukan setiap hari yang merupakan langkah inovatif untuk memperkuat kedekatan antara petugas dan masyarakat (WP).
“Ya, intinya kami di Samsat Rancaekek ingin menghadirkan suasana pelayanan yang lebih hangat dan komunikatif. Personel Polantas hadir bukan hanya untuk melayani, namun untuk menyapa, mendengarkan dan membantu masyarakat (WP) secara langsung,” ujar Iman.
Menurut Iman, selain pelayanan rutin STNK dan BPKB, kegiatan Polantas Menyapa juga mencakup sosialisasi layanan digital, seperti aplikasi untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online.
Petugas turut memberikan imbauan agar masyarakat menghindari jasa calo dan memanfaatkan layanan resmi agar lebih aman dan efisien.
“Intinya, Satlantas Polresta Bandung, khususnya Samsat Rancaekek menyapa masyarakat WP, dan
memberikan edukasi bagaimana mekanisme pelayanan,” tutur Iman.
Sementara, Ny. Iis Rohaeti (59) warga Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, salah seorang WP yang datang ke Samsat Rancaekek mengurus mutasi mobil miliknya mengaku kini lebih nyaman dengan kehadiran petugas yang ramah dan komunikatif.
“Alhamdulillah saat ini pelayanan di Samsat Rancaekek kini lebih ramah dan cepat, termasuk memberikan edukasi kepada para WP. Berharap ini bisa terjaga dan lebih ditingkatkan,” tutur Iis.***