Khusus bagi wisatawan mancanegara, disediakan pula fasilitas pengembalian pajak (tax refund) sebesar 11 persen.
Selain itu, Kemenpar bekerja sama dengan 23 mitra telah menyiapkan lebih dari 65 paket wisata serta 244 event yang dapat menjadi pilihan masyarakat selama libur Nataru.
“Saya mengajak masyarakat untuk jalan-jalan di Indonesia, belanja di Indonesia, serta membuat konten-konten positif, karena pariwisata kita perlu terus dipromosikan bersama,” kata Menpar.
Terkait kesiapan Aloha Pasir Putih sebagai salah satu destinasi unggulan di kawasan PIK 2, Menpar mengapresiasi berbagai persiapan yang telah dilakukan pengelola, mulai dari daya tarik wisata, ragam kuliner, hingga fasilitas penunjang seperti toilet dan musala yang terjaga kebersihannya.
Bahkan, fasilitas toilet di Aloha PIK 2 berhasil meraih penghargaan terbaik kedua dalam ajang Wonderful Indonesia Award yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata beberapa waktu lalu.
Keberadaan Aloha sebagai destinasi unggulan dinilai sejalan dengan preferensi wisatawan pada libur Nataru yang cenderung memilih lokasi wisata di dalam kota atau kabupaten.
“Sustainability-nya sangat terjaga. Setiap Jumat ada gerakan wisata bersih dengan mengumpulkan sampah, termasuk sampah plastik yang kemudian didaur ulang menjadi furnitur. Komposting juga dilakukan. Ini patut diapresiasi,” tutur Menpar.***

















