TERASJABAR.ID – Istilah “main character energy” semakin sering muncul di media sosial dan jadi bagian dari gaya hidup Gen Z.
Konsep Main Character Energy menggambarkan seseorang yang melihat dirinya sebagai tokoh utama dalam kisah hidupnya sendiri.
Buat Gen Z, Main Character Energy bukan bentuk narsisme, tapi cara untuk memvalidasi diri di tengah dunia yang cepat dan penuh tekanan.
Merayakan hal-hal kecil dalam hidup dianggap sah dan penting oleh generasi ini.
Banyak Gen Z membuat konten seperti vlog harian, journaling, atau swafoto dengan caption puitis untuk menegaskan peran mereka sebagai “karakter utama.”
Hal ini juga berkaitan dengan tren self-love dan healing yang sedang naik daun.
Dengan memposisikan diri sebagai karakter utama, mereka merasa punya kontrol atas hidupnya.
Fenomena ini juga jadi cara buat menghadapi rasa cemas, kehilangan arah, atau kekecewaan.
Bukan berarti hidup mereka dramatis, tapi mereka ingin menjalani hari dengan penuh makna.
“Main character energy” jadi simbol bahwa hidup ini layak dirayakan, meski hanya lewat secangkir kopi dan jalan kaki sore.***