Soal 2: Anda mengajar PJOK tetapi sekolah tidak memiliki fasilitas memadai. Apa yang Anda lakukan untuk menilai keterampilan praktik siswa?
A. Meminjam lapangan luar sekolah.
B. Membuat panduan observasi alternatif.
C. Menyusun pedoman dasar praktik.
D. Memberikan tes tertulis saja.
E. Memahami pentingnya pengamatan.
Jawaban: B. Membuat panduan observasi alternatif.
Penjelasan: Panduan observasi memungkinkan penilaian keterampilan tanpa ketergantungan pada fasilitas, mendukung asesmen yang kontekstual.
Soal 3: Anda adalah guru kelas dengan siswa baru dari luar Jawa yang tidak menguasai Bahasa Jawa, sementara Anda terbiasa menyelipkan Bahasa Jawa dalam pengajaran. Apa tindakan Anda?
A. Melibatkan siswa lain untuk mendiskusikan materi dalam Bahasa Indonesia.
B. Mengajarkan seluruh materi dengan Bahasa Indonesia.
C. Biasakan diri mengajar dengan Bahasa Indonesia.
D. Menyadari tantangan bahasa bagi siswa baru.
E. Mewajibkan siswa belajar Bahasa Jawa.
Jawaban: A. Melibatkan siswa lain untuk mendiskusikan materi dalam Bahasa Indonesia.
Penjelasan: Pendekatan inklusif ini memastikan siswa baru terlibat tanpa mengubah dinamika kelas secara drastis.
PPA Umum 2: Pembelajaran Berdiferensiasi dan TaRL
Soal 1: Anda merasa tes tertulis belum mampu mengungkapkan kemampuan sebenarnya siswa. Apa strategi asesmen lain yang Anda prioritaskan untuk menilai pemahaman dan kemampuan mentransfer pengetahuan?
A. Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan.
B. Menggunakan metode presentasi secara individual.
C. Melakukan tanya jawab secara lisan.
D. Memikirkan asesmen lain yang lebih tepat.
E. Menambah jumlah dan variasi soal tes tertulis.
Jawaban: A. Membuat kasus untuk didiskusikan dan dipresentasikan.
Penjelasan: Asesmen berbasis kasus mendorong siswa berpikir kritis dan mentransfer pengetahuan secara kontekstual.
Soal 2: Anda mengajar Bahasa Inggris dan ingin meningkatkan kemampuan menulis siswa. Apa tindakan awal yang Anda lakukan jika belum memiliki asesmen khusus untuk keterampilan ini?
A. Menggunakan asesmen yang sudah ada.
B. Memikirkan strategi asesmen yang relevan.
C. Menugaskan esai panjang saat Sumatif Akhir Semester.
D. Memberikan tugas menulis jurnal mingguan.
E. Mengabaikan kebutuhan asesmen.
Jawaban: B. Memikirkan strategi asesmen yang relevan.
Penjelasan: Merancang asesmen yang sesuai memungkinkan evaluasi kemampuan menulis secara akurat dan mendukung pembelajaran mendalam.