TERASJABAR.ID – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kuningan meraih penilaian kinerja terbaik tingkat Provinsi Jawa Barat, dengan nilai tertinggi 89,74 (kategori baik) berdasarkan Keputusan Mendagri nomor 8001. 3.3.-1165/ Dukcapil Tahun 2025.
Bupati Kuningan Dian Rachmat Yanuar mengharapkan prestasi ini menjadi motivasi bagi perangkat daerah lainnya. “Meski dalam keterbatasan, kita terus berinovasi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ini adalah kerja tim yang harus terus dikembangkan,“ tuturnya.
Bupati menyampaikan hal itu saat menyerahkan penghargaan kepada Kepala Disdukcapil Kuningan, Drs. Yudi Nugraha, M.Pd., di Halaman Setda, Komplek KIC, Disaksikan Wakil Bupati Tuti Andriani, Pj Sekda, Asda, Staf Ahli, dan para Kepala OPD, Senin 4 Agustus 2025..
Yudi di sela-sela acara menyebutkan, penilaian kinerja meliputi empat aspek utama, yakni Cakupan Hasil Pelayanan, Inovasi Pelayanan, Pemanfaatan Data Warehouse (DWH), dan Kerja Sama Antar-Stakeholder.
“Untuk Cakupan Hasil Pelayanan tahun 2024, semua komponen Indikator Kinerja Utama (IKU) terpenuhi 100%, bahkan cakupan Kartu Identitas Anak (KIA) mencapai 126%. Sepanjang tahun 2024, Disdukcapil juga berhasil menciptakan lima inovasi pelayanan, yaitu: Wakuncar, Jumpa Fans, Dukcapil Tamasya, Si Takun, dan Pelita Anak.
Dalam aspek pemanfaatan DWH, Yudi Nugraha menerangkan, bahwa masyarakat dapat mengakses data kependudukan secara terbuka melalui aplikasi SI TAKUN (Sistem Informasi Data Agregat Kependudukan Kuningan), yang menjadi salah satu menu dalam website resmi Disdukcapil.
Adapun capaian kerja sama antar-stakeholder telah mencapai 76,04% dari target 44%, melalui perjanjian kerja sama dengan berbagai OPD dan lembaga swasta.***